UBB Maraton Sosialisai SNMPTN dan SBMPTN Ke Sejumlah Sekolah

Penulis: Editor_basuki | Ditulis pada 26 Januari 2018 23:08 WIB | Diupdate pada 26 Januari 2018 23:08 WIB


Universitas Bangka Belitung (UBB) akan melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 ke sejumlah sekolah SMA/SMK/MA di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

MERAWANG, UBB – Tim Sosialisasi Universitas Bangka Belitung (UBB) yang terdiri dari Dosen dan Tenaga Struktural Rektorat pekan ini secara maraton ‘menjambangi’ 6 (enam) Kabupaten dan 1 (satu) kota di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Mereka mendatangi sejumlah sekolah SMA/SMK/MA di Babel, untuk menjelaskan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) Tahun 2018, serta memberikan pemahaman yang benar terkait proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) kepada pihak sekolah. 

“Sosialisasi tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana tahun ini UBB akan mendatangi setiap sekolah yang ada di Babel dengan sasaran siswa kelas XII atau tingkat akhir. sosialisasi ini penting, karena siswa maupun operator PDSS di setiap sekolah akan diberikan pemahaman secara langsung terkait informasi mengenai tata-cara mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri, baik melalui pola SNMPTN, SBMPTN maupun Seleksi Mandiri, serta bagaimana tata cara pengisian dan pendaftran siswa ke PTN,” ujar Warek I UBB Ismed Inonu, saat memberikan pembekalan kepada tim sosialisasi UBB, Senin (22/01/2018).

UBB akan menurunkan 8 (delapan) tim yang akan bergerak secara terpisah dan meraton ke sejumlah sekolah SMA/SMK/MA yang ada di Babel dari tanggal 24 Januari hingga 2 Februari 2018 mendatang.

Soialisasi hari perdana SNMPTN dan SBMPTN 2018 di Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (24/01) dengan sasaran sekolah SMAN 1 Pangkalan Baru, SMKN 1 Pangkalan Baru, dan SMAN 1 Lubuk Besar.

Lalu, Bangka Induk Rabu (25/01) dengan menurunkan 6 tim dengan sasaran 32 sekolah.  

Hari ini, Jumat (26/01) sosialisasi dilaksanakan di seputaran Kecamatan Kelapa dan Kecamatan Tempilang, dan akan dilanjutkan dihari Senin (29/1) untuk Kecamatan Simpang Teritip, Kecamatan Parit 3 dan Jebus, serta Kecamatan Mentok Kabupaten Bangka Barat

Kemudian pada Sabtu (28/1) digelar di Kabupaten Bangka Selatan dengan sasaran 21 Sekolah. Untuk Kota Pangkalpinang sendiri akan diagendakan pada tanggal 30 Januari 2018.

Sosialisasi di Tanjung Pandan dan Belitung Timur akan dijadwalkan dari tanggal 30 Januari hingga 2 Februari 2018, dengan sasaran 29 sekolah.

Kegiatan sosialisasi dihari pertama dengan mendatangi langsung kesetiap sekolah, dirasakan sangan efektif baik dari tim sosialisasi maupun pihak sekolah. Hal tersebut dirasakan oleh operator PDSS maupun siswa saat tim UBB memberikan paparan dan informasi yang bisa secara langsung dipahami oleh mereka.

“Salut lah sama tim dari UBB, benar-benar efektif dan efisien kayaknya. Meski baru datang langsung gercep ’paham’. Sukses selalu ya utk ubb”, ungkap salah satu Guru di SMAN 1 Lubuk Besar Bangka Tengah melalui pesan singkat WhatsApp (WA) kepada pihak UBB.

Tim sosialisasi selalu mengingatkan kepada Kepala Sekolah dan Operator PDSS SMA Sedejarat dapat mengikuti jadwal dan ketentuan dalam mengikuti SNMPTN tahun 2018 ini secara teliti dan benar, agar siswa yang berprestasi tidak kehilangan kesempatan.

Selain mengupas SNMPTN dan SBMPTN, juga di paparkan cara memperoleh beasiswa Bidikmisi. Tentu saja kesempatan ini juga dipergunakan tim sosialisasi untuk menjelaskan tentang UBB, yang memiliki sembilan belas program studi serta berbagai fasilitas kuliah di UBB.

Sebagaimana diketahui, penerimaan mahasiswa baru di PTN seluruh Indonesia dilakukan melalui tiga pola. Yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

Beda dengan SNMPTN dan SBMPTN yang dilaksanakan secara nasional, maka khusus PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) Jalur Mandiri digelar oleh PTN masing-masing.

Kegiatan sosialisasi menampilkan slide dan vidio SNMPTN dan SBMPTN tentang panduan serta tata cara pengisian PDSS. Pada sesi tanya jawab, peserta sosialisasi betul-betul memanfaatkan waktu serta kesempatan bertanya seputar tata cara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), serta prosedur pendaftaran Bidikmisi hingga penjelasan terkait jurusan dan daya tampung yang ada di UBB. (Ags/Humas) 


Topik

SNMPTN SBMPTN