index baca feature $judul_berita
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 



Berikut kami sampaikan Pengumuman Penerimaan CPNS Baru di lingkungan UBB tahun 2014 :

Berikut kami sampaikan contoh form isian KP4 untuk CPNS UBB : Download Contoh Form Isian KP4 CPNS UBB

 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
   
 
 
Baca $judul_berita Halaman $data
Berita Feature Universitas Bangka Belitung :: Indonesia


Kabar Dari Laut


Pancaran sinar matahari pagi membuat kawasan Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi Universitas Bangka Belitung (FPPB UBB) Kampus II cerah di hari Sabtu (19/4) lalu. Sementara itu seluruh mahasiswa semester dua dan empat yang tergabung dalam divisi Akuatik Himpunan Mahasiswa S1 Perikanan (HIMASPERI) FPPB UBB sedang berkumpul di halaman parkir Fakultas untuk bersiap-siap melakukan perjalanan ke pantai Teluk Uber yang terletak ± 6 km dari lokasi mereka berkumpul.

Tampak kesibukan mewarnai persiapan yang dimulai sejak pukul 07.00 pagi. Ada yang memeriksa kembali peralatan selam dasar dan keselamatan (pelampung), kesiapan transportasi, pemeriksaan jumlah personel yang diakhiri dengan briefing teknis di lapangan. Setelah dirasa siap, maka kegiatan pun dimulai dengan melakukan doa bersama agar pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan selamat awal hingga selesai kegiatan. Menginjak pukul 08.00 sebuah mobil angkot berwarna kuning membawa rombongan mahasiswa/ I HIMASPERI bertolak dari FPPB UBB menuju ke Teluk Uber diikuti sejumlah mahasiswa lain dengan kendaraan bermotor roda dua.

Kabar Dari Laut, Perikanan UBB : Provinsi Kepulauan Bangka Belitung: Bangka Belitug ISland Indonesia


Selang 20 menit kemudian, samar samar tercium aroma laut, segar khas daerah pantai, suara suara ombak yang bersusul-susulan ke tepian pantai menandakan rombongan sebentar lagi tiba. Akhirnya, angkot berhenti di daratan pasir, sejurus kemudian mahasiswa/ I segera turun sambil membawa peralatan selam untuk diatur di tempat yang teduh. Mereka terlatih bagaimana merawat serta menyiapkan peralatan selam ketika akan digunakan, cara dibersihkan serta cara menyimpannya sesuai prosedur yang benar.
Hal ini tidak mengherankan sebab pengetahuan ini mereka peroleh dari mata kuliah Widya Selam pada semester 2 atau dari senior mereka. Setelah berganti pakaian, mengambil peralatan selam. Acara selam dimulai.

Team Divisi Akuatik HIMSAPERI berkumpul di tepi pantai mendapatkan briefing tentang pentingnya saling menjaga dan saling mengawasi satu sama lain ketika sedang berada di laut atau di perairan. Hal ini sesuai dengan Standard Operation Prosedure (SOP) dalam olah raga selam yang bersemboyan ”Never Dive Allone” yang bermakna keselamatan merupakan hal yang utama di setiap kegiatan penyelaman.
Perairan bukanlah lingkungan manusia sehingga diperlukan kewaspadaan yang tinggi dan rasa aman ketika kita berada di lingkungan perairan tersebut, maka itu bila kegiatan menyelam atau bersnorkeling dilakukan dengan berteman maka kewaspadaan akan meningkat dan tentu saja akan merasa lebih tenang karena kita tidak merasa sendiri di dalam sebuah lingkungan yang asing bagi manusia.

Setelah dirasa paham tentang prosedur snorkeling. Team langsung menuju ke laut. Sedangkan yang didarat hanya ada tiga orang. Mereka bertugas mengawasi teman-temannya yang berada laut. Asinnya air laut langsung terasa ketika seluruh badan masuk ke air dan berenang di permukaan air sambil menikmati pemandangan di dasar laut tersebut. Bentuk relief pasir di dasar laut yang khas, berbagai jenis algae yang tumbuh di bebatuan dasar serta beragam bentuk-bentuk karang yang berwarna-warni merupakan pemandangan yang langka dan tak tertandingi keindahannya.

Keindahan pemandangan yang terpampang di depan mata tersebut seakan membuat orang memandangnya sejenak melupakan kepenatan dan persoalan-persoalan yang dihadapi. Bahkan kerap kali, banyak orang menemukan inspirasi dan pemikiran mengenai solusi dari sebuah masalah. Snorkling juga membuat ketenangan dalam hidup. Memandang hamparan dasar laut dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam tersebut sangat membuai jiwa. Terasa sebentar bila sudah terlena dengan keindahan pemandangan alam bawah laut. Yang jelas, kita pasti akan merasa ketagihan untuk mengulangi aktivitas tersebut.

Manfaat yang dirasakan mahasiswa Divisi Akuatik HIMASPERI ini adalah mereka dapat langsung mengamati organisme-organisme laut di habitatnya secara langsung. Awalnya mereka kenal hanya lewat penjelasan dosen di dalam kelas ataupun di laboratorium. Hal ini tentu akan meningkatkan pemahaman mereka tentang materi dari dalam kelas durasi 100 menit dan 16 kali pertemuan saja.
Perasaan ceria dan rasa antusias yang tinggi terpancar dari wajah-wajah mahasiswa/ I yang baru beranjak dari laut setalah menyaksikan pemandangan indah anugerah Allah SWT. Walaupun dibalik keindahan pemandangan tersebut, mungkin sebenarnya mereka berkata ”Tolonglah Kami dan Selamatkanlah Kami” sebab hanya segelintir orang yang bisa mendengar suara rintihan tersebut.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa kecintaan mahasiswa pada lingkungan laut dan lingkungan perairan pada umumnya serta berupaya menjaga kelestariannya sehingga manfaat ekosistem terumbu karang dan ekosistem pesisir lainnya baik secara ekologis maupun manfaat ekonomisnya dapat dirasakan oleh anak cucu kita nantinya.

Tanpa terasa waktu telah menunjukkan pukul 11.00. Ini adalah waktu seluruh mahasiswa yang masih berada di air untuk segera ke daratan. Setelah melakukan briefing penutup membahas packing alat dasar selam serta diakhiri dengan doa, rombongan pulang. Mobil angkot pun stand bye untuk perjalanan kembali ke Kampus II. Tiba pukul 11.30 team telah berada di FPPB UBB dan segera berkumpul membentuk barisan untuk briefing penutup guna memeriksa kelengkapan personil dan peralatan yang digunakan. Briefing pun ditutup dengan doa sebagai rasa syukur terhadap Allah SWT yang telah memberikan keselamatan selama berlangsungnya kegiatan tersebut. Tak berapa lama Mahasiswa/I membubarkan diri diiringi senyum cerah di wajah dengan pikiran dan khayalan masing-masing setelah menyelam yang baru saja mereka alami.

Tentunya kegiatan-kegiatan mahasiswa seperti ini akan semakin berkembang dan terfasilitasi dengan kegiatan yang bersifat semi ilmiah berwisata sambil belajar menjadi suatu kegiatan yang benar-benar ilmiah seperti penelitian. Apalagi bila nanti Program Studi Perikanan memiliki sebuah atau beberapa stasiun lapang yang didalamnya terdapat fasilitas-fasilitas yang mendukung untuk terlaksananya kegiatan-kegiatan tersebut. Hal ini bukan hanya sekedar mimpi di siang bolong semata, karena Pusat Kajian Sumberdaya Perairan dan Pulau-Pulau Kecil (PKSP2K UBB) memang telah memiliki program untuk merealisasikan hal tersebut. Mari kita jaga lingkungan perairan kita agar tetap lestari dan dapat dimanfaatkan sebijak mungkin.***

Aldino Akbar
Penulis adalah Dosen S1 Perikanan FPPB, Pembina HIMASPERI dan Director of Center for Aquatic Resources and Small Islands Studies (CARSIS UBB)


Download Feature Kabar Dari Laut
Dikirim oleh Iksan UBB_Press
Tanggal 2008-04-30
Jam 07:46:00

Silahkan Ketik Keyword untuk mencari Artikel, Feature, atau berita yang diinginkan


Baca Feature Lainnya :


Baca Berita :


Baca Artikel :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs