index baca feature $judul_berita
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan bahwa Tes Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Universitas Bangka Belitung akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2014 berdasarkan nomor sesi masing-masing peserta, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan. Berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu/sesi pelaksanaan TKD ditetapkan sebagaimana tabel terlampir.Peserta dapat mengikuti TKD hanya di tempat dan waktu/sesi yang telah ditetapkan tersebut.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
   
 
 
Baca $judul_berita Halaman $data
Berita Feature Universitas Bangka Belitung :: Indonesia


Plesir ke Pulau Nangka





Berjalan di teluk kecil pulau gadung


Pulau ini dibandingkan dengan pulau lain yang ada di Kabupaten Bangka Tengah lebih panjang enam kilometer, terletak di Kecamatan Sungai Selan antara pulau Bangka dan Pulau Sumatera. Pulau Nangka ini dihuni oleh 70 kepala Keluarga, dengan panorama pasir putih dan bebatuan yang indah juga banyaknya burung- burung yang beraneka ragam, bagi yang ingin berkunjung bisa mengunakan perahu atau spetboat dari desa Sungai Selan 2,5 jam atau lewat Dusun Tanjung Tedung Kecamatan Sungai Selan 20 Menit mengunakan perahu atau spetboat. Selain Nangka, ada dua pulau lagi, yakni pulau Gadung dan pulau Lampu.

Bisa dibayangkan, bagaimana perahu adalah sarana transportasi yang sangat krusial untuk penduduk ini. Beberapa tahun lalu, masyarakat Nangka sudah bisa menikmati energy listrik karena dibantu solar cell dari pemprov. Umumnya penduduk bermatapencaharian nelayan. Pada tiap rumah berdinding papan, akan ditemui jaring dan bubung nelayan yang digantung di depan teras-teras. Beberapa penduduk juga ketika ditemui, sedang merangkai nilon menjadi jaring atau pukat.

Selepas Nangka, perjalanan kami lanjutkan namun mendung telah menggelayuti perjalanan. Untuk mencapai pulau selanjutnya, kelompok kecil sebanyak 30 orang ini berperahu memakan waktu sekitar 20 menit. Ketika jarak makin mendekat, gerimis yang tadi kini berubah hujan. Perlengkapan kamera menjadi target penyelamatan. Bagi yang mempunyai tas anti air, hal ini tak jadi masalah. Namun bagi yang ala kadarnya, kardus dan plastik kresek menjadi sambaran.

Mencapai Gadung, kami berleha sejenak melepas lelah selepas berlari dari beting. Perahu tak mampu mencapai darat, terpaksa berlari diatas pasir beting, sebelumnya menerjang ketinggian air selutut dalam jarak 100 meter. Gadung ini tidak didiami oleh penduduk. Pulaunya kecil, sekitar seluas dua kali lapangan bola.

Pulau ini menawarkan ragam landscape yang menawan. Ada semacam teluk kecil yang terletak di sebelah pulau kecil ini. Dengan pasir putih, dan dedaunan hijau, akan menambah pesona bagi pengunjung. Belum lagi beting, yang terhampar luas memanjang hingga menjorok sekitar 25 meter ke laut lepas. Beting, untuk menyebut pasir laut yang membentuk daratan sementara. Kalau untuk saat ini, bisa jadi akan terbentuk formasi lain. Hal ini mungkin disebabkan pengaruh gelombang laut.

Menginjak sore hari, kami bergegas ke pulau Lampu. Dalam cuaca mendung, selepas hujan, matahari sore tampak sekilas dibalik awan hitan. Ini menjadi background pulau Lampu, dan membentuk imaji tersendiri. Lampu disebut karena ada mercu suar. Merupakan peninggalan zaman Belanda. Ada beberapa rumah penjaga didirikan. Sebagian besi penopang atap atau terali, tampak berkarat, dan rumah papan beberapa tak bergenteng lagi. Menandakan jejak masa silam ini tidak berfungsi lagi. Untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus naik bukit terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat, cukup menguras energy namun memberikan sensasi yang asik. (Iksan/UP)





Dermaga alam pulau nangka



Hamparan pasir dengan mangrove menyambut pengunjung di pulau nangka



Kehidupan nelayan pulau nangka



Perahu tertahan bila air surut



Pantai putih pulau gadung



Rumah nelayan pulau nangka






Written N photographed By : Iksander
Download Feature Plesir ke Pulau Nangka
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2010-05-12
Jam 14:59:09

Silahkan Ketik Keyword untuk mencari Artikel, Feature, atau berita yang diinginkan


Baca Feature Lainnya :


Baca Berita :


Baca Artikel :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs