Kolom Rektor Universitas Bangka Belitung :: University of Bangka Belitung :: Indonesia
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan bahwa Tes Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Universitas Bangka Belitung akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2014 berdasarkan nomor sesi masing-masing peserta, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan. Berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu/sesi pelaksanaan TKD ditetapkan sebagaimana tabel terlampir.Peserta dapat mengikuti TKD hanya di tempat dan waktu/sesi yang telah ditetapkan tersebut.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
   

 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

TEORI PEMBELAHANBerita Baru

Kali ini saya ingin bicara tentang politik di Tanah Air, yang akhir-akhir ini tengah seru-serunya memasuki masa kampanye dan debat Capres-Cawapres 2014-2019. Pasangan yang tengah berlaga adalah Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pemungutan suara akan dilakukan kurang dari sebulan lagi, yakni pada tanggal 9 Juli 2014, di saat mendekati pertengahan bulan Ramadhan 1435 H. Terlepas dari gegap gembitanya pesta demokrasi yang menurut saya semakin terbiasa kita lakukan, saya ingin menganalisis khusus mengenai latar belakang kekuatan pertarungan kedua pasangan ini. Apakah kedua pasangan ini merupakan dua pasang anak manusia yang kebetulan saling suka-suka satu sama lain, yang kemudian mendeklarasikan diri begitu ..

Tanggal 2014-06-24 09:50:50


LSM = LUBUK SARANG MUSANG?

Jauh sebelum menjadi Rektor UBB, saya banyak berkegiatan di NGO (Non Governmental Organization) atau dibahasa Indonesiakan sebagai LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat). Masa itu masih sebelum era reformasi 1998 terjadi. Saya masih dosen muda yang tentu saja idealismenya tinggi. Sebagaimana anak muda, tentu dalam dirinya harus ada cita-cita untuk membela masyarakat luas. Melakukan kebaikan dan mencegah keburukan, Amar makruf nahi munkar. Dalam kegiatan itu, pendanaannya kami usahakan secara mandiri dengan mengikutsertakan lembaga-lembaga swasta dan pemerintah. Hasil dan manfaatnya nyata bagi masyarakat luas, dan menciptakan kepercayaan anggota masyarakat terhadap kehadiran LSM kala itu. Oleh karena kepentingan rakyat dijadikan nomor satu, maka nama LSM ..

Tanggal 2014-06-24 09:49:59


MEMBANGUN PERADABAN HUKUM

Kira-kira sebulan yang lalu saya menghadiri pertemuan di Hotel Westin, Nusa Dua Bali. Saya hadir sebagai anggota Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia. Tentu saja seluruh Rektor PTN plus Pimpinan PTN lainnya memenuhi ruangan sidang Hotel Westin itu. Sepertinya acara hari itu penting sekali. Benar adanya, karena yang mengundang adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI), dan pembicara utamanya adalah Jaksa Agung Muda Tidak Pidana Khusus, Dr. Andi Nirwanto, SH dan Anggota BPK-RI, Dr. Rizal Djalil dengan Moderator Dr. Effendy Ghazali. Dr. Rizal Djalil menjelaskan tujuan pertemuan itu adalah untuk mencari solusi percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan khususnya pengembalian uang Negara dan ..

Tanggal 2014-02-26 10:21:50


KOMPENSASI TIMAH UNTUK BANGKA BELITUNG

Radermacher seorang penulis Belanda di abad ke 18 melaporkan bahwa Pulau Bangka dan Belitung di abad 17 merupakan dua gundukan hutan yang belum tersentuh tangan para pendatang. Hasil bumi para penduduk asli yang hanya beberapa gelintir itu hanyalah hasil hutan. Karya mereka yang paling bermartabat adalah tikar pandan yang ternyata mampu terjual keluar pulau. Di samping tikar pandan ditemukan hasil hutan lain seperti gambir, damar, kemenyan, dan madu hutan. Yang lain tidak ada, minimal tidak terlaporkan. Dimana timahnya? Belum ada yang tahu. Ini artinya bagaikan sebuah keluarga yang tidak tahu menahu jika di bawah rumahnya ada harta karun yang tak ternilai harganya. ..

Tanggal 2013-08-15 15:14:28


UBB TUJUH TAHUN

Pada tanggal 12 April 2013 nanti, UBB genap berusia 7 (tujuh) tahun. Tanggal lahir UBB ini diambil dari berdirinya UBB berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang ‘TMT’nya adalah tanggal 12 April 2006 yang lalu. Sejak itu, UBB selalu berulangtahun setiap tahunnya, meskipun secara sederhana. Rencananya tahun 2013 ini pun UBB akan memperingatinya secara sederhana pula dengan acara-acara yang efektif dan efisien oleh dan untuk seluruh sivitas akademika dan karyawan UBB. Sifatnya intern seperti biasanya. Tahun ini UBB akan mengundang satu orang yang telah ikut mengawali hadirnya UBB di tengah masyarakat, yakni Hudarni Rani, Gubernur pertama Bangka Belitung sebagai tamu istimewa. ..

Tanggal 2013-08-15 15:14:25


PETRUK JADI RAJA

Sejak dimulainya era reformasi, banyak sekali kejadian yang bikin pening kepala penghuni Republik ini. Salah satu contoh yang jadi sorotan publik dan para petinggi Pemerintahan adalah kerusuhan demi kerusuhan yang sering terjadi di mana-mana. Perang antar suku di Papua, keroyokan antar geng di Jakarta, keroyokan antar kampung, dan terakhir adalah tawuran antar mahasiswa yang mengakibatkan korban jiwa di Makassar dan juga terakhir kali di Jakarta. Persoalan tawuran antar mahasiswa menyita perhatian yang serius dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kita. Beberapa hari yang lalu, para pimpinan PTN dan Kopertis diundang di Jakarta dalam rangka mendengar info dan pengarahan dari Mendikbud. Pertemuan itu diakhiri ..

Tanggal 2013-01-02 14:44:20


KATA ORANG SINGAPURA

Beberapa hari yang lalu, saya ke Surabaya. Di ruang tunggu bandara Soekarno-Hatta kebetulan saya duduk berdampingan dengan orang Singapura, Mr. Tan (nama disamarkan). Dia tidak ke Surabaya tapi ke Jogjakarta untuk suatu perjalanan bisnis. Mulanya saya kira dia orang Indonesia juga, karena khan tidak ada beda fisik dan pakaian dengan kita. Saya menyapa duluan, permisi duduk di sebelahnya. Saya tanya mau kemana. Biasa orang Indonesia selalu tanya 'mau kemana'. Entah apakah sebagai pembuka kata ataukah sebagai sekedar basa basi. Dia jawab mau ke Jogja. Dari logatnya saya tahu dia pasti bukan orang Indonesia. Saya tanya lagi dari mana? (Orang Indonesia memang ..

Tanggal 2012-08-06 01:09:07


INDIRECT HARM

Saya ingin berbagi lagi tentang apa yang saya baca hari-hari terakhir ini. Sebuah buku terbaru dari penulis terkenal Robert H. Frank : "The Darwin Economy". Pada garis besarnya buku ini ingin memberi kejutan baru kepada para pembacanya bahwa seorang Charles Darwin yang dikenal lama sebagai seorang Biolog penemu teori Evolusi adalah juga seorang penggagas ilmu ekonomi. Bahkan kehebatannya tidak kalah dengan dedengkot ilmu ekonomi Adam Smith. Namun, kolom kali ini tidak mengupas panjang lebar mengenai isi buku itu secara keseluruhan. Saya hanya tertarik pada satu bagian tulisan yang diberi judul "Indirect Harm" atau Kerusakan Tak Langsung. Mengapa saya tertarik mengangkatnya dalam Kolom ..

Tanggal 2012-06-14 11:52:52


DEMO YANG BENAR DAN INDAH

Saya memimpikan demo yang benar dan indah dan hal itu dimungkinkan terjadi dalam dunia nyata, sekurang-kurangnya di Bangka Belitung. Ide atau mimpi ini menguat tatkala saya memperhatikan demo yang dilakukan oleh BEM UBB bersama KAMMI beberapa waktu yang lalu. Demo itu berlangsung damai, mahasiswa menyampaikan orasi dengan cukup santun dan para Polisi yang masih muda-muda itu mendampingi demo hingga selesai. Saya dengar juga setelah usai demo, mereka berfoto bersama. Ada lagi yang menarik dan tidak boleh tidak harus diapresiasi adalah dimuatnya berita demo itu di Koran-koran pagi lokal dengan topik besar dan diletakkan di headline. Bukan main. Ini momentum yang tidak ..

Tanggal 2012-05-15 09:56:08


HINDARI MENTALITAS INSTRUMENTAL

Saya Ingin meminjam istilah ilmiah atau konsep yang digunakan oleh Mariano Grondona, seorang Dosen, penulis kolom dan pembawa acara televisi terkenal di Argentina. Grondona juga seorang Sosiolog yang dikenal di tataran ilmuwan sosial internasional. Puluhan buku sudah ditulisnya, dan salah satu dari tulisannya berjudul Cultural Typlogy of Economic Development yang baru saya baca beberapa hari yang lalu. Tidak perlu saya uraikan seluruh isi tulisannya dalam Kolom ini, tetapi ada istilah ilmiah atau konsep yang menarik untuk saya pinjam di sini, yakni nilai intrinsik dan nilai instrumental (intrinsic values and instrumental values). Kedua konsep ini mampu menjelaskan tentang mentalitas individu dalam hidup ..

Tanggal 2012-03-30 15:24:34


ORANG HILANG

Alangkah mudahnya orang sekarang berkomunikasi. Maksud saya bukan karena manusia sekarang lebih lancar berkata-kata atau tambah suka berbual-bual, tetapi alat komunikasi yang didasari oleh kemampuan teknologi canggih telah tesedia. Kecepatan atau akselerasi perkembangan dan pertumbuhan teknologi ini sangat menakjubkan. Kemudahan ini tidak saja mendorong orang yang telah punya hobby berkomunikasi dengan orang lain memanfaatkannya lebih efektif, namun juga ternyata telah mendorong orang-orang yang tadinya punya sifat pendiam dan introfert, suka menyendiri, tiba-tiba terbangun dan tergerak ingin kontak-kontak juga dengan orang lain. Ada kemungkinan, bahkan, orang-orang dengan tipe seperti ini yang lebih banyak memanfaatkan sarana teknologi ini ketimbang orang-orang dengan sifat ekstrofert, ..

Tanggal 2012-02-14 10:14:33


HARI INI HARUS LEBIH BAIK

Hari ini tanggal 2 Januari 2012 adalah hari kerja pertama di tahun baru. Kemarin hari Minggu tanggal 1 Januari yang beberapa menit sebelum pukul 00.00 WIB, berdentuman ledakan mercon menandakan pergantian tahun. Selesailah acara pergantian tahun itu, dan apa yang akan kita lakukan di depan mata menunggu kinerja kita selanjutnya. Kalau anda ingin merenung bukan di hari ini, tetapi di akhir tahun. Hari ini bukan lagi untuk merenung, tetapi langsung melakukan sesuatu yang tentu saja harus lebih baik dibandingkan tahun lalu. Ya, harus lebih baik! Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana cara yang paling efektif untuk melakukan yang lebih baik daripada yang dilakukan ..

Tanggal 2012-02-14 10:14:33


Alah Bisa Karena Biasa

Ini ungkapan Melayu yang sering disampaikan oleh orang-orang tua dahulu kepada siapa saja yang menemui kesukaran dalam melakukan sesuatu dalam hidupnya. Maksudnya adalah biasakanlah melakukannya, lama-lama pasti akan bisa. Sampai saat ini pun masih juga sekali waktu kita mendengar ungkapan ini untuk memberi semangat supaya jangan sampai gagal dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Tidak ada yang salah sebenarnya dengan ungkapan ini.Hampir tak pernah ungkapan ini dibantah kebenarannya karena sesuai pula dengan hukum alam. Jika kita belum bisa melakukan sesuatu, biasakanlah toh lama kelamaan akan bisa juga pada akhirnya. contohnya, jika anda belum bisa menyetir mobil, mulailah dengan membiasakan duduk di belakang setir, menghidupkan ..

Tanggal 2012-01-02 08:54:56


previous - 1 - 2 - 3 - 4 - next

Baca Materi Kolom Rektor Lainnya :


Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs