artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Sehubungan dengan akan dibukanya Pendaftaran Online Penerimaan Mahasiswa Baru UBB Jalur SBMPTN dari tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB., berikut kami sampaikan informasi dan link-link penting seputar penerimaan Mahasiswa Baru UBB Jalur SBMPTN tahun 2014 :
  1. Halaman Utama SBMPTN 2014 : http://www.sbmptn.or.id/
  2. Informasi Awal SBMPTN 2014 : http://www.sbmptn.or.id/?mid=13
  3. Daftar PTN : http://www.sbmptn.or.id/?mid=14
  4. Daftar PANLOK : http://www.sbmptn.or.id/?mid=15
  5. Tata cara pengisian pendaftaran : http://download.sbmptn.or.id
  6. Laman Pendaftaran SBMPTN: http://pendaftaran.sbmptn.or.id (aktif tanggal 6 Mei 2014)
  7. Call Center SBMPTN 2014 : telp : 0804-456-456 atau pertanyaan tentang SBMPTN dapat diakses melalui link berikut : http://halo.sbmptn.or.id/
  8. Persyaratan setiap jurusan di UBB bagi calon Mahasiswa Baru UBB jalur SBMPTN tahun 2014, terlampir pada file berikut : Download Pengumuman Persyaratan SBMPTN UBB tahun 2014

Demikianlah kepada Adik-adik para calon peserta SBMPTN 2014 agar dapat mempersiapkan ujian tertulis dengan sebaik-baiknya dan mengikuti seluruh proses pendaftaran sampai selesai, Selamat Berjuang dan Semoga Sukses !.

Panitia SBMPTN UBB tahun 2014
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Isolasi Cendawan Tanah Padang Vegetation dusun Pejem Kecamatan Belinyu


Dusun Pejem terdapat di desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu, Pulau Bangka. Dusun Pejem merupakan salah satu dusun yang memiliki kelebihan khusus yakni terdapat Hutan Padang dan Kerangas. Penelitian mengenai keberadaan cendawan tanah di padang tersebut belum pernah dilakukan padahal cendawan memiliki peranan yang penting dalam proses dekomposisi dalam tanah.

Penulisan ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan Januari lalu. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jumlah koloni cendawan tanah yang terdapat di padang vegetasi dusun Pejem desa Bintet kecamatan Belinyu.

Pengambilan sampel tanah dilaksanakan di padang vegetasi pada 9 Januari lalu. Metode pengambilan sample dengan melokalisir jarak pengambilan pada 2 transek berbeda, jarak tiap transek 50 m. Survey lapangan dan pengambilan sampel akhirnya diketahui sebanyak delapan titik.

Sampel diambil sebanyak 50 gram pada kedalaman 10 cm. Adapun inokulasi bakteri menggunakan media PDA, Penghitungan jumlah bakteri dengan metode secara langsung.

Dari hasil pengambilan sample tersebut, didapatkan hasil sebagai berikut (lihat tabel).





Sejumlah cendawan yang berhasil diidentifikasi dari kawasan padang vegetasi dusun Pejem adalah sebagai berikut :

Yang pertama adalah Trichoderma. Koloni dari kapang Trichoderma berwarna putih, kuning, hijau muda, dan hijau tua (Alexopoulus and Mims, 1979). Mudah dikenal karena pertumbuhannya yang cepat. Mula-mula koloni berwarna hialin, kemudian tampak seperti adanya bintik-bintik kecil atau bantalan bantalan yang sering menjadi hijau karena konidium yang telah terbentuk (Sutedjo, 1991).

Selanjutnya Aspergilus. Ciri morfologi koloni: koloni berwarna hijau kebiruan dengan area kuning sulfur pada permukaannya; miselium berbentuk benang halus.

Mucor, dengan ciri morfologi koloni: hifa seperti benang putih; bagian tertentu tampak sporangium dan sporangiofor berupa titik-titik hitam seperti jarum pentul. Koloni yang lebih tua menjadi berwarna abu-abu sampai kecoklatan karena adanya perkembangan spora.

Keempat cendawan Penicillium. Dengan ciri morfologi Hifa bersepta, miselium bercabang, biasanya berwarna. Konidsi waktu masih muda berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kebiru-biruan atau kecoklatan. Biakan dewasa biasanya hijau atau biru kehijauan (Hendra, 2008).

Terakhir adalah Fusarium. Mudah dikenali karena pertumbuhannya yang cepat, koloni berwarna pucat atau berwarna cerah (tergantung pada spesiesnya) dan terkadang memiliki . warna tallus bervariasi mulai dari keputih-putihan hingga kuning, kecoklatan, merah muda, kemerahan, atau lilac.

Sebagai kesimpulan, dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa ada 5 genus cendawan tanah yang ditemukan, yaitu Trichoderma, Aspergillus, Mucor, Penicillium dan Fusarium yang diketemukan di kawasan padang Vegetasi desa Pejem kecamatan Belinyu. ***





Contoh Cendawan dalam Wadah



Contoh Cendawan dalam Wadah


Written By : Cahya Febriyanti,Giani Giovanni dan Sudariyah
Mahasiswa program studi Biologi FPPB Universitas Bangka Belitung


Download Artikel Isolasi Cendawan Tanah Padang Vegetation dusun Pejem Kecamatan Belinyu
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2010-02-11
Jam 18:06:54



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs