artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Sehubungan dengan akan dibukanya Pendaftaran Online Penerimaan Mahasiswa Baru UBB Jalur SBMPTN dari tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB., berikut kami sampaikan informasi dan link-link penting seputar penerimaan Mahasiswa Baru UBB Jalur SBMPTN tahun 2014 :
  1. Halaman Utama SBMPTN 2014 : http://www.sbmptn.or.id/
  2. Informasi Awal SBMPTN 2014 : http://www.sbmptn.or.id/?mid=13
  3. Daftar PTN : http://www.sbmptn.or.id/?mid=14
  4. Daftar PANLOK : http://www.sbmptn.or.id/?mid=15
  5. Tata cara pengisian pendaftaran : http://download.sbmptn.or.id
  6. Laman Pendaftaran SBMPTN: http://pendaftaran.sbmptn.or.id (aktif tanggal 6 Mei 2014)
  7. Call Center SBMPTN 2014 : telp : 0804-456-456 atau pertanyaan tentang SBMPTN dapat diakses melalui link berikut : http://halo.sbmptn.or.id/
  8. Persyaratan setiap jurusan di UBB bagi calon Mahasiswa Baru UBB jalur SBMPTN tahun 2014, terlampir pada file berikut : Download Pengumuman Persyaratan SBMPTN UBB tahun 2014

Demikianlah kepada Adik-adik para calon peserta SBMPTN 2014 agar dapat mempersiapkan ujian tertulis dengan sebaik-baiknya dan mengikuti seluruh proses pendaftaran sampai selesai, Selamat Berjuang dan Semoga Sukses !.

Panitia SBMPTN UBB tahun 2014
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Karamunting


Bunga-bunga karamunting (Rhodomyrtus tomentosa) kulitnya seperti beludru, tidak licin mengkilat, kecuali baru tersiram hujan. Didalamnya berbiji seperti biji anggur, daging seperti anggur, tapi tidak berair banyak, dan berserat lebih banyak, rasanya manis.(www.dusunlaman.net)

Apresiasi yang sangat indah dan menggambarkan kenyataan dari kutipan tersebut di atas. Mengulang masa kecil, karamunting ada plesetan (kerabunting), sangat kita gemari sewaktu kecil di sekitar hutan-hutan atau di pinggir rumah warga yang tinggal di sekitar pedalaman Bangka Belitung, dengan tinggi lebih kurang satu meter bahkan ada yang setinggi orang dewasa di padang terbuka. Dengan rasa yang gurih dan manis, tak lepas dari ecapan lidah kita sangat menikmatinya. Mungkin sekarang, sudah jarang kita lihat karena maraknya tambang inkonvensional yang menggantikannya.

Ada istilah, tak perlu dirawat, tapi tetap tumbuh dan berkembang serta menghasilkan bunga yang indah dan berbuah dari kelopaknya.Jika kita kaji kembali dan merenungkannya sedikit, ternyata jenis tumbuhan seperti itu terbiarkan begitu saja. Kedengarannya agak mustahil mau diolah, dikemas atau dibuat sari buah? Tapi semuanya mungkin saja terjadi, asal ada keinginan kuat untuk berpikir mengolahnya dari biasa menjadi sesuatu yang bernilai tambah!
Secara ekonomis, cost yang dikeluarkan ternyata cuma membutuhkan biaya yang minim untuk memeliharanya.

Memang seharusnya, di propinsi ini harus ada pihak-pihak yang memikirkan hal-hal yang sebenarnya sering kita lihat dan sudah sangat familiar pada pandangan kita. Hanya saja, kita terlalu menganggap semuanya biasa dan terus dibiarkan berjalan begitu saja. Padahal sudah jelas bahwa ”tidak akan diciptakan tumbuh-tumbuhan agar kita dapat berpikir”.

Konsep berpikir di sini, tentunya harus menjadikan sesuatu tersebut mempunyai nilai tambah. Karena secara ekonomi, tidak akan bertambah sebuah produk jika tidak berubah bentuk, berubah rasa, berubah kemasan serta berpindah tempat.

Penelitian lebih lanjut, tentunya harus memikirkan secara ilmiah bagaimana ’karamunting’ tersebut terjamin bahwa tidak menimbulkan dampak yang buruk jika mengkonsumsinya. Secara umum, tanpa hasil riset pun sangat jelas tidak akan beresiko menyebabkan penyakit tertentu pada seseorang yang mengkonsumsinya.

Penulis merasa, bahwa, di sinilah peran kita sebagai akademisi untuk mengkajinya secara akademik, untuk berani memulai menjadikan sesuatu yang insya allah akan bermanfaat bagi orang banyak dari hasil buah pemikiran kita yang dapat teruji secara ilmiah dan bernilai secara ekonomis bagi masyarakat Bangka Belitung, bahwa terbukti keberadaan sebuah Universitas akan teruji keandalannya dan akan terbukti kehadirannya untuk memajukan sebuah daerah dengan tujuan akhir bagi kesuksesan sebuah bangsa. Semoga (DA).

Darus Altin
Dosen Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi
Universitas Bangka Belitung
Download Artikel Karamunting
Dikirim oleh Darus Altin
Tanggal 2008-06-10
Jam 05:07:44



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs