artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan pengumuman Tata Tertib dan Peraturan Spesivik IX - Program Orientasi, Pengenalan Kampus, dan Pendidikan Karakter UBB tahun 2014, seperti terlampir pada file berikut :

Gladi Bersih Studi Pengenalan Simulasi Aktivitas Kampus (SPESIVIK) UBB Tahun 2014 : Gladi Bersih SPESIVIK UBB 2014 akan dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : Sabtu, 23 Agustus 2014
Waktu : 07.30 s.d. selesai.
Tempat : Lapangan Olahraga (Basket) Kampus Terpadu UBB Balunijuk
Pakaian : Bebas, rapi, dan sopan.


( Detail Agenda, Atribut dan penugasan serta Materi akan diperbarui melalui laman : http://ubb.ac.id/)

BAKK UBB tahun 2014
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Keanekaragaman Burung di Vegetasi Padang Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka


Padang vegetation desa Pejem merupakan salah satu Padang vegetation di dunia yang terdapat di pulau Bangka dengan luas lebih dari 137 ha. Kawasan ini masih banyak ditutupi oleh vegetasi yang merupakan habitat burung. Burung merupakan sumber plasma nutfah yang memberikan kekayaan bagi fauna di Indonesia dan mempunyai peranan yang besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Lambat laun populasi burung semakin berkurang yang menyebabkan banyak burung yang terancam punah. Kepunahan mengakibatkan hilangnya fungsi komponen tertentu dalam jaring-jaring kehidupan sehingga dapat mengganggu kestabilan ekosistem (Pratiwi,2005).

Pada tanggal 9 sampai dengan 10 Januari 2010, kami melakukan penelitian mengenai populasi burung ini. Beranggotakan Chandra Apriadi, Fitri dan Astuti, tim melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman spesies burung yang ada di desa Pejem.

Teknik penelitian yang digunakan adalah dengan pengamatan secara langsung di lokasi sebagai tempat yang diperkirakan sebagai tempat bermain atau mencari makan burung (Bibby dkk, 2001). Lebih lanjut, spesies diidentifikasi berdasarkan morfologi, perilaku, atau aktivitas, sebuah teknik identifikasi berdasarkan van Balen dkk (2005), MacKinnon dkk (1998), dan Adhikerana (1986).

Pada pengamatan yang dilakukan diperoleh 3 ordo dengan 5 famili burung yang terdiri dari 5 spesies yang teridentifikasi dan 6 spesies yang belum teridentifikasi pada tingkatan spesies. Keanekaragaman spesies burung dapat dihitung dengan menggunakan indeks Hill. Semakin tinggi nilai Indeks Hill menunjukan bahwa terdapat keanekaragaman yang semakin tinggi.

Pada pengamatan yang kami lakukan, Indeks Hill tertinggi pada pagi hari dibandingkan sore. Hal ini diduga karena adanya ketersediaan makanan pada pagi hari yang melimpah, misalnya bunga-bunga sedang mekar. Sedangkan sore hari burung yang dijumpai cenderung lebih sedikit, diduga aktivitas burung untuk mencari makanan atau berkeliaran sudah berakhir dan ketersediaan makanan sudah mulai berkurang.

Pada pengamatan ini indeks ketidakmiripan rendah, semakin tinggi nilai indeks ketidakmiripan menunjukkan bahwa tingkat kemiripan spesies burung yang semakin rendah. Hal ini dikarenakan area tersebut memiliki pH tanah yang asam yaitu sekitar 4,3 sehingga berpengaruh pada jenis tumbuhan yang sesuai untuk daerah tersebut yang didominasi sapu-sapu, gelam, pelawan, samek dan idat.

Tingkat keanekaragaman jenis tumbuhan yang rendah berdampak terhadap sedikitnya pakan burung sehingga spesies burung yang ditemukan pun rendah.
















No.OrdoFamiliaSpesiesNama LokalPagiSore
1ColumbiformesColumbidaeTreron sp.Punai20
Streptopelia sp.Tekukur11
2FalconiformesAccipitridaeIctinaetus sp.Elang10
3PasseriformesHirundinidaespesies Alayang-layang pantai70
Spesies BLayang-layang biasa172
PycnonotidaePycnonotus simplexMerbah31
SylviidaeAbroscopus superciliarisPerinjak perut kuning82
4spesies C20
5spesies D51
6Spesies E01
7Spesies F01
Jumlah469
N2,0671,302
S0,625
IS0,375


Keterangan N = Indeks Hill, S= Indeks kemiripan, IS= Indeks Ketidakmiripan.








Foto : Proses pengamatan dan tampilan telur burung oleh Tim.


Written By : Chandra Apriadi, Fitri, dan Astuti*
*Tim Penulis adalah Mahasiswa Prodi Biologi UBB


Download Artikel Keanekaragaman Burung di Vegetasi Padang Dusun Pejem Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2010-02-01
Jam 15:50:29



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs