artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan bahwa Tes Kompetensi Dasar CPNS di lingkungan Universitas Bangka Belitung akan dilaksanakan mulai tanggal 7 Oktober 2014 berdasarkan nomor sesi masing-masing peserta, di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan. Berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu/sesi pelaksanaan TKD ditetapkan sebagaimana tabel terlampir.Peserta dapat mengikuti TKD hanya di tempat dan waktu/sesi yang telah ditetapkan tersebut.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Keanekaragaman Rayap Di Lahan Terganggu Dan Tidak Terganggu (Kontrol) Kabupaten Bangka


Riding panjang adalah desa yang mempunyai lahan pasca tambang yang telah beroperasi cukup lama. Desa ini berada di Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, yang merupakan tempat untuk melakukan penelitian dan pengamatan oleh para peneliti maupun mahasiswa, salah satunya adalah populasi fauna tanah.

Keberadaan serangga dalam ekosistem hutan sangat penting sebagai penjaga keseimbangan ekosistem secara alami (Suwito dan Cholik, 2002). Oleh karena itu, pengamatan serangga sangat diperlukan dalam identifikasi keanekaragaman jenis rayap.

Hasil populasi rayap dibeberapa lokasi lahan terganggu dan tidak terganggu :




Keterangan :
++++ = sangat banyak
+++ = banyak
++ = sedikit
+ = sangat sedikit





Dari identifikasi yang dilakukan, rayap yang ditemukan ada empat genus yang berbeda dari lima lokasi dengan jenis kayu atau pakan yang berbeda yaitu Glyptotermes, Macrotermes, Coptotermes, dan Cryptotermes. Pada kelima lokasi tersebut, kontrol merupakan lokasi yang memiliki jenis rayap yang paling banyak ditemukan pada kayu seruk/puspa (Schima wallichii), hal ini karena dinding sel tumbuhan banyak mengandung selulosa sehingga mempermudah rayap dalam memakan selulosa pada bahan kayu hidup di daerah kering dan lembab (Tarumingkeng, 2009). Kayu seruk menjadi sasaran pakan utama rayap karena banyak mengandung selulosa. Rayap Coptotermes adalah rayap di bawah tanah. Rayap ini sangat merusak dan sering ditemukan di bawah tanah untuk menghindari cahaya. Glyptotermes, merupakan jenis rayap yang menyerang kayu mati yang lembab, bersarang dalam kayu, dan tidak berhubungan dengan tanah. Rayap ini memiliki gigi yang tajam dengan perut yang agak besar, bentuk tubuh yang tidak ramping dan berwarna putih, dengan kepala berwarna kecoklatan. Macrotermes merupakan jenis rayap yang memiliki ciri-ciri ujung labrum dengan lapisan hyalin, mesonotum dan metanotum meluas ke lateral, prajurit dimorfis, caput gelap, kedua sisi bertemu di anterior, jumlah antena 16-17 ruas, mandibula tidak mempunyai gigi dan ukuran spesies beragam. Cryptotermes, rayap ini hidup dalam kayu mati yang kering. Salah satu tanda serangannya adalah terdapatnya butir-butir ekskremen kecil berwarna kecoklatan yang sering berjatuhan di lantai atau di sekitar kayu yang diserangnya (Tarumingkeng, 2009).***


Oleh Cici Rahma Daniati, Chandra Apriadi, Desi Susanti, Ropika
Mahasiswa/i Prodi Biologi FPPB UBB

Download Artikel Keanekaragaman Rayap Di Lahan Terganggu Dan Tidak Terganggu (Kontrol) Kabupaten Bangka
Dikirim oleh Cici Rahma Daniati, dkk
Tanggal 2010-08-23
Jam 12:58:15



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs