artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 



Berikut kami sampaikan Pengumuman Penerimaan CPNS Baru di lingkungan UBB tahun 2014 :

Berikut kami sampaikan contoh form isian KP4 untuk CPNS UBB : Download Contoh Form Isian KP4 CPNS UBB

 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Kelubi Kuning Bangka Selatan


Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keanekaragaman jenis palem terbesar dunia. Diperkirakan terdapat sekitar 2.800 jenis palem di dunia, 46 marga terdapat di sejumlah hutan alam di Indonesia. Dari jumlah tersebut 29 marga diantaranya merupakan palem endemik. Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah mengingat masih luasnya daerah yang belum diinventarisasi keanekaragaman palemnya.

Bangka Belitung sendiri memiliki kekayaan alam antara lain timah dan aneka ragam flora. Penambangan timah menjadi sektor yang utama untuk menunjang kehidupan masyarakat. Namun menyisakan kerusakan lingkungan akibat aktivitas penambangan timah itu sendiri. Hal ini berdampak terhadap kawasan hutan Bangka Belitung.
Disamping itu, semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat seperti pemanfaatan perumahan, pembalakan liar, pembukaan hutan untuk perkebunan maka dapat dipastikan luas hutan di Pulau Bangka akan semakin berkurang. Akibatnya fungsi hutan dalam menjaga keseimbangan ekosistem akan berubah.

Hasil penelitian inventarisasi palem di tiga Kabupaten yakni Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Bangka Barat tercatat ada 54 jenis palem dan setengahnya merupakan rekaman baru dari pulau Bangka karena sebelumnya belum pernah dilakukan penelitian dan dilaporkan serta dikoleksi spesimennya.

Temuan yang paling terbaru adalah ditemukan satu jenis kelubi dengan kulit buah berwarna kuning. Jenis ini ditemukan di daerah Bangka Selatan. Hal ini tidak biasa ditemukan pada jenis kelubi di daerah lain. Populasi dari jenis ini hanya sedikit, tumbuh di daerah rawa-rawa berdekatan dengan buah kelubi yang berwarna merah.
Jenis ini merupakan rekaman baru dari pulau Bangka, karena belum pernah dilaporkan sebelumnya. Hingga kini status taksonomi dari jenis ini masih belum dapat ditentukan. Untuk itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kejelasan status taksonomi kelubi ini. Dari hasil penelitian, kami mengusulkan jenis kelubi dengan kulit buah berwarna kuning sebagai sub spesies baru ataupun varietas baru. ***





Penulis : Sarinah, Fitri dan Zalia
Penulis adalah mahasiswa akhir Program Studi Biologi FPPB UBB



Download Artikel Kelubi Kuning Bangka Selatan
Dikirim oleh Sarinah, Fitri dan Zalia
Tanggal 2011-10-26
Jam 19:25:57



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs