artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


  1. Bersama ini kami sampaikan Pengumuman Hasil Kelulusan Tes CPNS oleh panitia seleksi nasional (PANSELNAS), seperti tertera dalam file berikut : Download Pengumuman Kelulusan CPNS Di Lingkungan Universitas Bangka belitung tahun 2013
  2. Download Surat Pengumuman dan Lampiran Surat Pengumuman dan Lampiran
  3. Download Surat untuk menindaklanjutkan Kelengkapan Dokumen Surat Tindak Lanjut Kelengkapan Dokumen
  4. Download Surat Edaran Pemberkasan Surat Edaran Pemberkasan
  5. Download Blanko Daftar Riwayat Hidup Blangko Daftar Riwayat Hidup (Revisi)
  6. Download Surat Pernyataan : Surat Pernyataan
  7. Download Daftar Pejabat yang berwenang mengesahkan fotocopy ijazah/STTB Daftar Pejabat yang berwenang mengesahkan fotocopy ijazah/STTB
Seluruh berkas/dokumen yang disyaratkan paling lambat diserahkan ke Bagian Kepegawaian BAUK Rektorat UBB pada tanggal 12 Maret 2014

 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Komitmen Peduli Lingkungan


Kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan yang semakin hari semakin terancam adalah sebuah kewajiban yang seharusnya menjadi prioritas utama dalam setiap program kerja yang akan dijalankan oleh pemerintah. “One Man One Three” merupakan program yang secara berkuntinyu dilakukan oleh pemerintah Dinas Kehutanan dan Dinas Lingkungan Hidup dalam melakukuan penghijauan terhadap lingkungan di Bangka Belitung.

Baru-baru ini aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh Pemkab Bangka Selatan bersama 448 CPNS Bangka Selatan merupakan sebuah bukti akan kepedulian pemerintah terhadap keasrian dan kehijauan lingkungan. Hal tersebut sepatutnya menjadi cerminan terhadap beberapa Pemkab di daerah lain untuk melakukan hal yang serupa sebagai bentuk partisipasi yang baik guna menyelamatkan kerusakan lingkungan.

Peduli lingkungan hendaknya bukan hanya menjadi perhatian Pemerintah atau komunitas pencinta lingkungan saja, namun hal ini sewajarnya menjadi perhatian semua elemen masyarakat. Sebagai manusia yang hidup dibumi, tentunya kita memerlukan oksigen dan kita juga tidak mungkin hidup di bumi yang gersang, untuk itu semua manusia akan memerlukan tumbuh-tumbuhan sebagai penyumbang oksigen dan pemberi keteduhan.

Komitmen yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan harus tumbuh dan selalu dikonstruksikan sebagai sebuah janji yang wajib untuk direalisasikan. Layaknya sebanyak 448 CPNS Bangka Selatan yang baru dilantik langsung diajak Bupati untuk melakukan penanaman bibit pohon. Kegiatan seperti ini dapat dicontoh oleh masyarakat Bangka Belitung sebagai aksi peduli lingkungan karena dengan menanam satu pohon, kita telah menyelamatkan satu juta umat dunia.

Sebanyak 700 bibit pohon angsana ditanam di depan Masjid Agung Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Selatan. Harapannya, lahan kosong yang selama ini terlihat gersang, akan lebih terlihat asri, hijau, dan teduh. Alangkah baiknya jika lahan gersang yang ada di Bangka Belitung akibat eksploitasi yang telah dilakukan dapat diterapkan hal yang sama. Dengan begitu, semakin banyak pohon yang ditanam dilahan gersang akan menciptakan lingkungan yang asri, hijau dan teduh.

Kita harus membiasakan diri untuk selalu memperhatikan lingkungan. Aksi yang dilakukan oleh Pemkab Bangka Selatan diharapkan bisa menjadi pemacu semangat bagi pemerintah lain dan masyarakat juga untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Yang terpenting adalah keberlanjutannya untuk selalu peduli terhadap lingkungan yang bersih, hijau dan asri tanpa embel-embel apapun dibelakangnya. Artinya, setiap aksi peduli lingkungan yang dilakukan adalah murni sebagai bentuk kesadaran dan tujuannya untuk melestarikan lingkungan.

Seperti yang kita tahu bahwa kerusakan lingkungan di Bangka Belitung khususnya akibat eksploitasi pertambangan sangat parah, sebab kalau bukan kita yang memberi contoh lalu siapa lagi? Namun diharapkan kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon tidak dianggap sebagai beban yang akan mengganggu aktivitas lainnya. Tanamlah dengan keikhlasan sebagai wujud syukur kita terhadap makhluk ciptaan Tuhan.

Lingkungan yang indah, rapi, teduh, nyaman, dan hijau tentunya dapat membawa manfaat dan keuntungan buat kita. Selain bisa hidup dengan sehat, kita juga dapat menikmatinya. Dengan kegiatan peduli terhadap lingkungan, anggap saja kita melakukan investasi untuk masa depan.

Untuk itu pemerintah dan semua elemen masyarakat diharapkan dapat menerapkan cinta lingkungan dimulai dari sekarang. Tanamlah minimal satu pohon satu orang, hitung saja jika semua masyarakat Bangka Belitung menerapkan itu maka akan berapa banyak pohon yang bisa tertanam.

Partisipasi semua elemen masyarakat akan sadar lingkungan sangat diharapkan. Rehabilitasi terhadap lahan gersang dan penanaman kembali hutan yang gundul harus terus kita galakkan. Satu saja pohon kita tanam didepan rumah tentu akan membawa penghijauan didaerah kita sendiri. Ada baiknya muulailah kita membiasakan diri untuk melakukan penghijauan di sekitar kita.

Kegiatan yang dilakukan oleh Pemkab Bangka Selatan bersama 448 CPNS yang melakukan penanaman pohon angsana sebanyak 700 batang didepan Masjid Agung Kompleks Perkantoran Pemkab Bangka Selatan patut kita beri apresiasi. Komitmen Bupati yang tinggi terhadap keasrian dan kehijauan lingkungan juga tujuan untuk membiasakan CPNS yang baru diterima di Bangka Selatan dapat membiasakan diri untuk lebih memperhatikan lingkungannya patut kita beri penghargaan.

Mudah-mudahan pohon yang ditanam oleh para Bupati, Pejabat dilingkungan Pemkab Basel dan CPNS Bangka Selatan dapat tumbuh sehingga dapat dijadikan kenang-kenangan jika nantinya pohon tersebut dapat tumbuh subur sebagai pohon yang meneduhkan. Harapannya, setelah ini dapat bermunculan kegiatan sadar lingkungan dan itu bukan hanya saja dikalangan Pemerintah namun seluruh elemen masyarakat dapat mulai melakukan kegiatan peduli lingkungan. Mudah-mudahan saja!!!!






Written By : Merry Christina (Youth Forum Bangka Goes Green)


Download Artikel Komitmen Peduli Lingkungan
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2010-06-22
Jam 14:18:35



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs