artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 

Berikut kami sampaikan pengumuman Seleksi Tahap II Tes Kompetensi Bidang (TKB), CPNS UBB tahun 2014 dan beberapa file-file pendukung lainnya.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Memberdayakan Petani di Bangka Belitung Pasca Tambang Timah


Di Bangka Belitung sendiri saat ini, ada sekitar 100 ribu hektare lahan bekas tambang timah yang belum sepenuhnya dimanfaatkan, dengan demikian kalau masyarakat mau memanfaatkan lahan pertanian bekas tambang timah, bisa dikonversikan bukan saja baik untuk lingkungan, tapi juga membantu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produksi pertanian rakyat, serta memutus mata rantai pengiriman beras ke Sumatera yang selama ini dipasok dari Pulau Jawa, sehingga petani-petani di Bangka Belitung tidak hanya menjadikan tambang timah sebagai sumber mata pencaharian mereka, tetapi mereka lebih mengutamakan untuk bertani, sehingga bisa untuk kemajuan hidup masa mendatang..
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu daerah penghasil timah terbesar di Indonesia. Berdasarkan data terakhir dari Departemen Pertambangan dan Energi, produksi logam timah di provinsi ini mencapai 44.495 ton per tahun atau senilai Rp 600 miliar lebih, yang dihasilkan dari dua perusahaan yang berada di wilayah Bangka Belitung, yaitu PT Tambang Timah dan PT Koba Tin. Timah di Bangka Belitung sangat membantu kehidupan masyarakat Bangka Belitung karena biasanya satu unit tambang inkonvensional (TI) dapat menghasilkan 4 juta rupiah per hari. Buruh juga mendapat bayaran lumayan besar, mencapai Rp 150.000 per hari. Bahkan, anak-anak yang mengumpulkan sisa pasir timah dari pencucian pasir bisa menghasilkan Rp 40.000 sehari. Uang yang dihasilkan dari pertambangan timah inkonvensional sangat besar sehingga berdampak langsung pada ekonomi rakyat. Warga mampu membeli barang-barang konsumsi dalam jumlah besar sehingga perdagangan ritel bergerak pesat.

Dampak Penambangan Timah


Maraknya TI dan tingginya perputaran uang dari aktivitas itu dituding menjadi penyebab munculnya penyakit masyarakat, yakni prostitusi dan kebiasaan minum minuman keras. Bahkan, Bangka Belitung disinyalir menjadi salah satu tujuan perdagangan manusia (trafficking) baru karena tingginya permintaan akan pekerja seks komersial.

Dampak utama penambangan timah adalah terbentuknya lahan terganggu, rusaknya bentang alam, habitat alami dan keanekaragaman hayati, serta timbulnya polusi, yang paling penting timah yang diambil secara terus-menerus lama kelamaan akan habis, karena timah merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, artinya timah yang ada di bangka belitung ini lama kelamaan akan habis dan setelah timah ini habis, apa yang akan menjadi sumber mata pencaharian masyarakat bangka belitung ini? Apakah hampir semua profesi masyarakat bangka belitung tetap sebagai penambang timah atau sebagai penganggguran?

Program Pertanian dan Perkebunan vs Pertambangan


Agar tidak tergantung dengan satu komoditi tertentu, apalagi penambangan timah yang merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui masyarakat di Bangka Belitung harus di beri pengetahuan tentang pertanian, salah satunya melakukan diversifikasi usaha pertanian. Karena petani-petani di Bangka Belitung harus cepat tanggap dalam situasi saat ini, tidak mungkin hanya mengandalkan tambang timah yang merupakan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui menjadi sumber mata pencaharian masyarakat Bangka Belitung. Petani sebenarnya merupakan salah satu unsur penentu kemajuan suatu bangsa, karena petani merupakan orang yang sangat berjasa dalam dunia seperti keadaaan saat ini.

Di Bangka Belitung sendiri saat ini, ada sekitar 100 ribu hektare lahan bekas tambang timah yang belum sepenuhnya dimanfaatkan, dengan demikian kalau masyarakat mau memanfaatkan lahan pertanian bekas tambang timah, bisa dikonversikan bukan saja baik untuk lingkungan, tapi juga membantu menciptakan lapangan kerja, meningkatkan produksi pertanian rakyat, serta memutus mata rantai pengiriman beras ke Sumatera yang selama ini dipasok dari Pulau Jawa, sehingga petani-petani di Bangka Belitung tidak hanya menjadikan tambang timah sebagai sumber mata pencaharian mereka, tetapi mereka lebih mengutamakan untuk bertani, sehingga bisa untuk kemajuan hidup masa mendatang.

Yang menjadi pertanyaan saat ini bagaimana agar petani-petani dibangka Belitung saat ini bisa tetap bertahan pada profesinya sebagai petani walaupun mereka mencari penghasilan dengan menambang timah? yang pasti harus adanya kesadaran dari para penambang timah itu sendiri bahwa sebenarnya timah di Bangka Belitung yang begitu banyak ini lama kelamaan akan habis jika terus menerus diambil.

Selain itu kelangkaan pupuk di kalangan petani juga menjadi persoalan penting, terutama pemerintah. Karena tanpa adanya pupuk membuat para petani menjadi malas untuk beralih profesi menjadi petani yang membuat masa depan masyarakat Bangka Belitung cerah. agar bisa membuat para petani menjadi mengerti maka penyuluhan tentang pertanian juga harus dilakukan.

Upaya yang dapat dilakukan antara lain memberikan bibit secara gratis kepada petani, adanya pupuk yang cukup, memanfaatkan lahan bekas pertambangan dengan sistem tumpang sari dengan cara bagi hasil, perlunya penyuluhan pertanian terhadap para petani yang ada di Bangka Belitung pada umumnya, melakukan pembinaan kepada para petani dan melakukan pendampingan selama proses produksi berlangsung, karena semua itu turut membantu dalam memberdayakan petani di bangka belitung setelah timah habis.




Penulis : Maryani
Program Studi Pertanian
Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi
Universitas Negeri Bangka Belitung


Download Artikel Memberdayakan Petani di Bangka Belitung Pasca Tambang Timah
Dikirim oleh Admin
Tanggal 2009-07-06
Jam 11:06:04



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs