artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 


Berikut kami sampaikan pengumuman Tata Tertib dan Peraturan Spesivik IX - Program Orientasi, Pengenalan Kampus, dan Pendidikan Karakter UBB tahun 2014, seperti terlampir pada file berikut :

Gladi Bersih Studi Pengenalan Simulasi Aktivitas Kampus (SPESIVIK) UBB Tahun 2014 : Gladi Bersih SPESIVIK UBB 2014 akan dilaksanakan pada :
Hari, tanggal : Sabtu, 23 Agustus 2014
Waktu : 07.30 s.d. selesai.
Tempat : Lapangan Olahraga (Basket) Kampus Terpadu UBB Balunijuk
Pakaian : Bebas, rapi, dan sopan.


( Detail Agenda, Atribut dan penugasan serta Materi akan diperbarui melalui laman : http://ubb.ac.id/)

BAKK UBB tahun 2014
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

Penegakan Perda Tambang Lemah


Anugerah timah di Babel seolah tidak pernah lepas dari berbagai masalah. Penegakan aturan terkait aktivitas pertambangan selalu menujukkan realitas yang jauh antara aturan dan pelaksanaannya, termasuk adanya pelanggaran dalam teknis penambangan. Undang-Undang maupun Peraturan Daerah (Perda) sebenarnya telah mengatur bagaimana syarat dan teknis penambangan dilakukan sesuai dengan izin pertambangan yang diperoleh.

Terkait pertambangan rakyat, secara teknis juga telah diatur bagaimana aktivitas penambangannya dilakukan. Misalnya dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan sejumlah mesin yang jumlah dan kemampuan terbatas. Dalam Perda Provinsi Kepulauan Babel No 3/2004 tentang Pengelolaan Usaha Pertambangan Umum menyebutkan bahwa tambang rakyat tidak diperkenankan menggunakan alat-alat mekanik atau berat. Begitupula dengan Perda ditingkat kabupaten juga mengatur hal yang sama. Misalnya Perda di Kabupaten Bangka atau di Belitung Timur yang secara tegas mensyaratkan bahwa kegiatan pertambangan rakyat tidak menggunakan alat berat dan bahan peledak.

Maraknya penggunaan alat berat dalam kegiatan pertambangan rakyat saat ini jelas tidak sesuai dengan ketentuan tersebut. Ini menunjukkan bahwa lemahnya penegakan Perda dimasyarakat. Tingkat efektivitas penegakan hukum, termasuk penegakan Perda dipengaruhi banyak faktor, seperti hukum itu sendiri, kemampuan penegak hukum, sarana prasarana pendukung dan kesadaran hukum masyarakat. Perda yang dibuat harus jelas dan implementasinya tidak mempersulit masyarakat. Penegak Perda, yakni Satpol PP harus memahami perda dan mekanisme implementasinya. Penegakannya harus didukung oleh fasilitas pendukung, dan terakhir ada kesadaran hukum masyarakat melalui proses mengetahui, mengerti, menaati dan menghargai Perda. Jika ini semua belum berjalan optimal, maka wajar jika penegakan Perda terkesan lemah.

Dalam penegakan Perda, Satpol PP memang menjadi garda terdepan. Terkait dengan masalah di atas, Satpol PP diberi wewenang untuk menertibkan kegiatan pertambangan yang melanggar Perda dan melaporkannya kepada PPNS. Jika ada unsur tindak pidana dapat dikoordinasikan dengan Polri untuk ditindaklanjuti. Pada prinsipnya perda dibuat untuk ditegakkan dan bukan untuk dilanggar. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama, partisipasi dan kesadaran semua pihak agar Perda dapat berjalan dengan baik dan aktivitas pertambangan rakyat berlangsung sesuai dengan prosedur yang benar.

News Analysis Bangkapos, 25 April 2012






Penulis : Dwi Haryadi
Dosen FH UBB dan Peneliti Ilalang Institute





Download Artikel Penegakan Perda Tambang Lemah
Dikirim oleh Dwi Haryadi
Tanggal 2012-05-07
Jam 11:58:37



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs