artikel lengkap |
Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung, Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 Email : info@ubb.ac.id
 

Berikut kami sampaikan pengumuman Seleksi Tahap II Tes Kompetensi Bidang (TKB), CPNS UBB tahun 2014 dan beberapa file-file pendukung lainnya.
 
  Menu utama website Universitas Bangka Belitung
 
 
 
Artikel & Opini Universitas Bangka Belitung

STRATEGI POLITIK (Referensi untuk Pilgub yang Elegan)


Kompetisi politik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menghangat. Pendaftaran calon mulai memasuki masa menentukan. Jika dalam waktu yang terbilang lama belakangan ini kita disuguhkan dengan perang pencitraan, maka tak lama lagi kita akan disuguhi perang habis-habisan. Perang kali ini menyangkut kepentingan yang lebih luas, bukan saja antara para kandidat, namun juga para penikmat kepentingan.

Berbagai rupa strategi politik mulai nampak. Mulai dari yang halus sampai yang kasar; mulai dari yang tersirat sampai yang tersurat; bahkan mulai dari yang elegan sampai yang tidak bermartabat. Politik memang memberikan giuran yang sangat menjanjikan dan semua merasa memiliki kemampuan untuk memenangkan kompetisi.

Strategi politik menjadi kunci penting dalam pemenangan. Bagaimanapun kegagalan merencanakan kemenangan berarti sedang merencanakan kegagalan. Strategi politik memegang peran yang sangat penting untuk dicermati.

Strategi politik menjadi penting artinya karena akan berkaitan dengan pertarungan untuk memperebutkan kekuasaan dan pengaruh. Politik meniscayakan adanya pertarungan karena dalam setiap kekuasaan pasti selalu ada pihak penentang dan pihak pendukung sehingga kehadiran pertempuran untuk mengakhiri perebutan kuasa dan pengaruh merupakan kunci utama. Strategi politik bagaimanapun adalah sarana untuk mewujudkan cita-cita politik. Dalam konteks pertarungan politik untuk memperebutkan sebuah jabatan, maka strategi yang matang di bidang pemilu memegang peranan yang sangat penting karena tanpa adanya perencanaan strategi, tidak mungkin kemenangan akan diraih (Schroder, 2003).

Instrumen Kunci


Dalam rangka pelaksanaan strategi politik, diperlukan instrumen-instrumen kunci yang digunakan untuk mencapai sasaran. Schroder membedakan tiga jenis instrumen, yakni instrumen komunikasi melalui propaganda, iklan, dan humas, instrumen aksi tanpa kekerasan melalui protes, persuasi, non-kooperatif, dan intervensi, serta instrumen aksi dengan kekerasan melalui serangan langsung, pemerasan, penculikan, pengusiran, perang, dan sebagainya (Schroder, 2008).

Sementara itu, Pruitt dan Rubin (2009) memerinci strategi dalam lima bentuk, terutama digunakan dalam konflik-konflik, yaitu contending, yielding, problem solving, with drawing, dan inaction. Contending diterapkan dengan cara menggunakan solusi yang dimiliki oleh masing-masing pihak. Yielding adalah strategi mengalah dengan menurunkan derajat aspirasi. Problem solving digunakan dengan mencari cara untuk memuaskan kedua belah pihak yang sedang berselisih. Sementara with drawing dilakukan dengan cara meninggalkan suatu situasi untuk menghindari perselisihan. Terakhir, strategi inaction dilakukan dengan cara diam dan lebih memilih melihat dan menunggu perkembangan situasi.

Di antara lima strategi dasar tersebut, menurut Pruitt dan Rubin (2009) dimungkinkan untuk mengkombinasikan beberapa strategi, sekalipun sebenarnya satu sama lain saling berbeda. Hal yang yang lebih sering terjadi adalah satu kelompok mencoba strategi tertentu, lalu menggantinya dengan strategi yang lain jika tidak berhasil.

Pada akhirnya, Freedman (2007) memandang bahwa studi strategi fokus pada aktor-aktor individu dan melihat bahwa studi strategi dapat dilihat sebagai sebuah pendekatan intelektual dalam persoalan-persoalan spesifik ketimbang studi lapangan. Studi strategi seharusnya dipahami sebagai bagaimana individu membuat sejarahnya dan membentuk ulang keadaan yang mereka hadapi. Keadaan ini termasuk interaksi individu dengan yang lain.

Kontekstualisasi strategi politik yang dikembangkan oleh para kandidat dalam berbagai proses politik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dapat merujuk pada asumsi defensif, ofensif, dan gabungan defensif-ofensif sekaligus, tergantung pada konteks politik yang dihadapi.

Situasi politik yang dihadapi berkaitan dengan posisi etnisitas membuka peluang bagi strategi defensif ketika berhadapan dengan kasus-kasus intimidasi dan tekanan primordialitas. Dalam kompetisi politik, isu-isu etnis, agama, bahasa, dan sejarah memegang peran penting. Pada saat yang bersamaan, usaha-usaha ofensif memungkinkan terjadi ketika para elit politik membutuhkan dukungan sumber daya dari etnis mereka sendiri, misalnya dengan cara membangun koneksi kekerabatan.

Dalam kerangka politik yang sangat praktis, merujuk pada usaha-usaha akademik yang dikonseptualisasi di atas, kemenangan sebetulnya dapat diraih dengan cara-cara elegan. Sekalipun Clausewitz mengatakan bahwa perang adalah pengerahan segala cara yang diarahkan pada kepentingan perdamaian pada akhirnya, namun kita tidak boleh lupa bahwa Pilkada hanya moment lima tahunan. Apalah artinya jika setelah saling bertempur dalam sebuah agenda yang singkat, lalu masing-masing kandidat menjadi musuh abadi, bahkan di luar politik. Hsun Tzu sangat bijak menyusun argumentasinya.

Maka, sebagai masyarakat dalam kultur yang terbuka dan santun, strategi politik yang santun juga harus menjadi ciri. Kepentingan politik berbeda dalam Pilgub mendatang tidak berarti perbedaan terus menerus dikonstruksi. Lagipula, hanya akan ada satu pemenang dan yang lainnya harus tetap mengabdi di jalan yang lain. Kemenangan politik semoga tidak menjadi segalanya.

Opini Bangka Pos, Senin (24/10)



Penulis : Ibrahim
Dosen UBB dan Visiting Scholar
Di School of Political Science and International Studies
The University of Queensland Australia
Download Artikel STRATEGI POLITIK (Referensi untuk Pilgub yang Elegan)
Dikirim oleh Ibrahim
Tanggal 2011-10-24
Jam 10:56:03



Baca Artikel Lainnya :


Baca Berita :


Baca Feature :


Lihat Foto :

 
 
       

 

 

 

 

 

 
:: Beberapa Grafik Menggunakan Format SWF, Untuk Tampilan Terbaik Aktifkan/install Active-x Plugin flash di Browser Anda
Tampilan Terbaik Dengan Resolusi Monitor 1024 x 768 Pixels ::

Rektorat Universitas Negeri Bangka Belitung Jl. Merdeka No. 4 Pangkalpinang Kep. Bangka Belitung Indonesia
Telp. +62 717 422145 Fax +62 717 421303 http://www.ubb.ac.id Email : info@ubb.ac.id
Copyright 2008 Universitas Bangka Belitung
Sitemap - Peta situs